Rekam Jejak Perkembangan eSport Di Indonesia

Rekam Jejak Perkembangan eSport Di Indonesia | gameteros.com
sumber gambar : duniagame.co.id
Kamu seorang gamer sejati? Pasti tidak asing lagi kan dengan sebutan eSport. Yah singaktan dari Electronik Sport

Namun bagaimana sejarah awal eSport terbentuk dan bagaimana perkembangannya di Indonesia simak infonya berikut ini.

Ketika game  consiole diperkenalkan pertama kali tahun 1960 hingga 1970, pada saat itu pemerintahan di Indonesia sedang mengalami masa transisi dari Presiden Ir.Soekarno kepada Soeharto. Indonesia masih tahap mengatur sistem pemerintahan sementara dunia game onlie terus menggeliat di kawasan eropa dan amerika.

Kedatangan era digital ditaindai dengan masuknya internet ke Indonesia pada tahun 1983 menjadi gerbang masuknya dunia game diIndonesia. Dengan adanya teknologi Internet pada saat itu maka memungkinkan sebuah game untuk diakses masyarakat seluruh dunia termasuk di Indonesia.

eSport sendiri lahir ketika adanya kompetisi game yang dimulai pada tahun 1972 yang diadakan di Universitas Standford. pada masa itu komputer masih sangat jarang dan beberapa developer game pun tidak banyak. Kompetisi pertama pun diberi nama Spacewar

Selanjutnya kompetisi demi kompetisi game lain pun muncul salah satunya Atari mengadakan event kompetisi Space Invader yang terbesar dimasanya dengan 10.000 peserta. Event ini berlansung tahun 1980 serta event ini masuk Top News majalah Life dan Time di Amerika Serikat.

Tidak berhenti sampai disitu loh, perkembangan eSportdi era 90-an ketika teknologi internet mulai diperkenalkan, akibatnya game online pun brelomba-lomba membuat kompetisi dunia bahkan membuat organisasi yang bertujuan menjadikan kompetisi game menjadi sebuah eSport.

Kompetisi ternama pada era 90an salah satunya adalah Nitendo Word Championship yang digelar di Amerika Serikat. Setelah sukses Nitendo melanjutkan event kompetisi selanjutnya  pada tahun 1994 dengan nama Nitendo PowerFest dan masih banyak kompetisi lainnya

Diera yang sama munculah organisasi yang mengatur regulasi liga-liga unt eSport seperti Cyberathelee Profesional League, QuakeCon, dan Profesional Gamers League. Dan pada saat itu game yang dipertandingkan adalah game Quake, Counter Stike dan Warcraft.

Masuk ke era 2000an Industri eSport semakin melejit perkembanganya. Bahkan salah satu  negara di asia yang menerimanya adalah Korea Selatan. Pada saat itu game yang terkenal berkat kompetisi tersebut adalah Starcraft, tak terduga pemainnya pun dpuja-puja bak artis ternama di korea. 

Bagaimana dengan perkembangan eSport diIndonesia?

Di Indonesia eSport baru masuk tahun 1988  ketika Netrek sebagai game internet pertama yang menggunakan metaserver menjadi pondasi pertama selanjutnya kompetisi game dunia lainnya termasuk di Indonesia.

Datangnya Tekonologi Internet serta keberadaan PC membuat game online di indonesia mulai berkembang, serta secara perlahan-lahan Intenetpun mengarah kepada komersial ditandai dengan menjamurnya warnet atau warung internet dimana-mana, semakin banyak pula orang yang bermain game online. Bisa jadi hal tersebut merupakan kategori cikal bakal eSport di tanah air.

Terbentuknya eSport di nusantara ini diketuai oleh Eddy Lim, yakni ketua Indonesia eSport Association (IeSPA). Sebelum resmi menjabat sebgai ketua IeSPA beliau lah salah satu saksi hidup awal perkembangan game online dan eSport diIndonesia, karena beliau pendiri Indonesian Gamers yang sekarang dikenal dengan Liga Game.

Lantas Apa saja sih Kompetisi yang udah ada dilakukan eSport?? Check this Out Guys...

Terbentuknya Indo Game atau Liga Game ini menjadi pintu awal masuknya kompetisi game bersekala Internasional di indonesia dengan menjadi EO even organizer kejuaraan Word Game (WCG) Tahun 2002

Liga Game selaku EO pertama untuk pertama kalinya mengirim atlet eSport keluar negeri pada saat itu Liga Game menjadi EO kejuaraan Word Cyber Game tahun 2002. Di skala yang lebih besar game game online yang dimainkanpun semakin banyak diantaranya adalah Game seperti FIFA Word Cup 2002, Age of Empires II, Counter Strike dan StarCraft : Brood War yang dipertandingkan.

Kini Indonesia membuat gebrakan dan sejarah baru dengan diikutsertakan eSport menjadi salah satu cabang olahraga Asian Game 2018 bertempat di Jakarta dan Palembang. Tentunya moment ini menjadi batu lompatan bagi atlet eSport indonesia untuk membawa nama Indonesia di kancah pentas Asia bahkan dunia. 

Gimana Guys tertarik terjun di dunia eSport?

Nah itu tadi ulasan singkat tentang perkembangan eSport di Indonnesia ya guys sempga bermanfaat.



Posting Komentar

0 Komentar