Apa Saja Sih yang Dilakukan Oleh Profesional Gamers?

professional gamer
Photo by Alex Haney on Unsplash
Banyak anak muda saat ini ingin masuk menjadi atlet pro gaming. Di Indonesia sendiri, keberadaan platform kompetisi game sudah banyak terbuka. Bahkan pada ASEAN Games 2019 lalu, Indonesia sudah mengirim beberapa professional gamers untuk berkompetisi di ajang esports yang diadakan.

Walaupun sekarang lebih diterima, pengetahuan tentang altlet esports ini masih minim. Tidak semua gamers bahkan soal ini, apalagi orang awam. Bagi sobat gamers yang penasaran soal apa yang dilakukan professional gamers selain ikut tournament, mari bahas bersama mimin di bawah ini!

Latihan, Latihan dan Latihan

Siapa bilang pro gamers selalu bisa ahli bermain. Mereka bisa jadi ahli tentu karena latihan yang keras. Sama seperti atlet – atlet lain, latihan adalah aktivitas utama bagi para professional gamer ini. Tentu bentuk latihan ini akan berbeda tergantung dari tipe game yang dikompetisikan. Biasanya rutinitas latihan untuk para pemain esports ini dibagi dalam beberapa hal.

Latihan pertama berhubungan dengan pengetahuan para pemain. Latihan ini lebih berhubungan dengan analisa data dan juga merancang strategi. Dalam dunia game esports, hal seperti meta dan strategi baru akan selalu muncul selama game mendapatkan update. Hal baru dari update ini tentu akan mempengaruhi para pro dalam bermain. Jadi menggali data dan informasi merupakan bagian penting dari latihan.

Bentuk kedua adalah latihan essensial. Latihan ini bertujuan untuk melatih skill dasar para professional gamer. Latihan bentuk ini bisa disamakan dengan lari setiap hari untuk para pemain bola. Hal seperti kemampuan mata, reflex dan akurasi bagi para pemain FPS. Ataupun kecepatan tangan dan output APM dalam game RTS ataupun Moba. Latihan ini tidak selalu dilakukan di dalam game. Terkadang ada program tersendiri yang digunakan untuk melatih kecepatan tangan dan reflex reaksi pada para player.

Bentuk latihan terakhir adalah bermain game yang dikompetisikan. Latihan ini tentu untuk memastikan simulasi situasi saat menghadapi tournament. Mulai dari mempraktikkan strategi yang sebelumnya sudah dibuat, melatih kerja sama tim dan melatih kemampuan individu dalam game, semua-nya tentu penting untuk dapat menjuarai tournament.

Apa yang Dilakukan Profesional Gamers Selain Latihan?

Selain latihan, para pemain game professional memiliki banyak pekerjaan lain. Tapi pekerjaan ini berada di bawah team tempat atlet esports tersebut berada. Jika pemain pro ini tidak bergabung dalam tim, mereka biasanya tidak akan mendapatkan pendapatan kecuali dari memenangkan tournament.

Pekerjaan dari tim ini bisa berupa promosi, menjadi bintang iklan ataupun ikut dalam event bersama fans. Pekerjaan ini bisa mendatangkan pemasukan. Baik dari tiket yang dijual ke fans ataupun dari para sponsor.

Untuk pro gamer yang tidak bergabung dengan tim, mereka biasanya mencari pemasukan dengan membuat content. Baik itu streaming ataupun membuat YouTube video. Pemasukan dari sini tentu akan banyak, apalagi jika atlet tersebut terkenal. Tapi untuk yang tidak terlalu menonjol, tentu pemasukan akan sedikit.

Bagaimana? Apakah penjelasan di atas sudah menjawab pertanyaan sobat gamers sekalian? Semoga artikel mimin ini membuka waasan sobat sekalian. Terima kasih sudah membaca!



Posting Komentar

0 Komentar