Sejarah Playstation Dari Awal Berdiri Sampai Sekarang 2020

sejarah playstation
Photo by Hello I'm Nik 🇬🇧 on Unsplash
Playstation adalah satu penyedia platform gaming console. Nama Playstation sendiri sudah ada sejak lama dan menjadi bagian dari perkembangan games sekarang ini. Bagi sobat gamers yang ingin belajar tentang sejarah salah satu pilar console gaming ini, mari bahas bersama mimin di artikel berikut ini:

Berdiri dari Kerjasama yang Gagal

Sony awalnya bekerja sama dengan Nintendo untuk membuat console generasi baru yang tidak tergantung dengan cartridge. Saat itu, Sony mendesain system yang menggunakan CD untuk games dan tentunya dengan tujuan bekerja sama dengan pilar game raksasa Nintendo pada waktu itu. Sayangnya, Nintendo menganggap CD tidak akan menjadi kaset game yang baik. Di masa itu, cartridge popularitasnya masih tinggi. Nintendo sepertinya takut jika menggunakan CD, promosi yang dilakukan akan lebih berat.

Sony yang memiliki ide ini, tentu masih percaya bahwa CD sebagai kaset gaming akan sukses. Karena itu, mereka mengembangkan mesin console sendiri untuk bersaing dengan Nintendo. Makan pada tahun 1994, muncullah Playstation atau yang sering disingkat PS.

Console game ini ternyata cukup sukses dan didukung dengan banyak game yang menarik pada waktu itu. Kesuksesan ini tentu tidak tiba – tiba muncul. Kesuksesan PS ini lebih dikarenakan Nintendo yang masih bertahan dengan cartridge yang harganya makin mahal. Karena PS menawarkan harga kaset yang lebih murah, tentu saja mereka lebih laku dipasaran.

Generasi Kedua yang Paling Populer

Nah, karena kesuksesan PS ini, Sony memutuskan untuk melanjutkan console ini ke generasi berikutnya yaitu Playstation 2. Generasi console Sony yang satu ini diterima sangat baik pada masa itu. Jika PS penjualannya masih berada di bawah SNES dari Nintendo, pada masa PS2 ini mereka mampu menjual lebih banyak produk dibandingkan Game Cube keluaran Nintendo.

Kesuksesan PS2 ini bahkan membuat Microsoft juga ingin masuk ke dunia console gaming dan mengeluarkan Xbox. Tentu persaingan inilah yang akan membuat tiga produsen console game Nintendo, Sony dan Microsoft berkembang sampai sekarang.

Kepopuleran PS2 dibandingkan banyak game console lainnya terletak pada keseimbangan harga dan juga spek yang ditawarkan. Dari segi spek, Game Cube bisa menghasilkan gambar yang lebih baik daripada PS2, tapi harganya jauh lebih mahal. Bisa dibilang karena Nintendo merupakan brand gaming yang populer, harga untuk produk brand ini juga melambung.

Xbox sendiri sebenarnya sama harga dan spek-nya dengan PS2. Tapi sayangnya nama console ini tidak seterkenal PS2 waktu itu sebagai pendatang baru. Hasilnya PS2 menjadi pilihan dominan di era tahun 2000.

Kesombongan dan Kegagalan

Karena laku keras di era PS2, Sony sepertinya menjadi besar kepala. Hal ini jelas terlihat saat mereka mengumumkan Playstation 3 di tahun 2005. Console yang satu ini diumumkan dengan harga yang sangat tinggi yaitu sekitar 500 US Dollar. Harga ini tentu tidak umum untuk alat gaming di era itu. Bayangkan saja membayar harga hampir 6 juta Rupiah hanya untuk console gaming. Harga ini jika dibandingkan dengan harga console gaming sekarang juga sangat jauh.

Respon dari Sony sendiri atas harga PS 3 ini juga tidak baik. Saat diwawancara, PR Sony waktu itu bahkan menyarankan bagi mereka yang ingin beli console ini untuk mengambil pekerjaan lagi agar mampu membeli. Tentu nada biacara PR tersebut hanya bercanda, tapi para fans gaming pada waktu itu menangkap hal ini sebagai sindiran karena tidak kuat beli.

Akhirnya, PS3 tidak terjual secepat PS2. Kejadian ini bahkan membuat generasi kedua Xbox, yaitu Xbox 360 menjadi console terbaik pada waktu itu. Karena kegagalan ini, Sony akhrinya meralat harga PS3 beberapa bulan setelah release. Walaupun tidak terjual sebanyak PS2, PS3 bisa dibilang sukses. Karena penurunan harga yang dilakukan, banyak fans yang kembali membali console ini dan popularitasnya pun kembali meningkat.

Generasi Console Playstation Saat Ini

Sekarang Sony sudah meluncurkan PS4 dan bisa dibilang, console ini mendominasi sejak pertama kali diluncurkan. Console ini memiliki spek yang tinggi dan lebih menggunakan network system yang robust. Di tahun 2019 lalu, banyak orang mengatakan bahwa PS4 merupakan console terbaik keluaran Sony.

Kesuksesan PS4 sendiri tidak hanya dari spek-nya, tapi juga dari game – game first party yang berkualitas. Game seperti Bloodborn, Spiderman, God of War dan Horizon Zero Dawn adalah beberapa contoh first party yang laku keras dan mendapatkan rating tinggi dari para critic.

Sekarang di akhir tahun 2020 ini, Sony sudah akan meluncurkan Playstation 5. Banyak fans tentunya menunggu kabar lebih lanjut dari console game terbaru Sony ini. Sobat gamer sekalian, mari kita tunggu saja informasi tentang console terbaru ini!



Posting Komentar

0 Komentar